Rabu, 31 Oktober 2007

Buku Islam : Cara Mudah Membaca Al Quran Sesuai Kaidah Tajwid

Penulis: Abu Yahya as-Syilasyabi(pentashih)
Penerbit : Daaru Ibnu Hazm

Membaca Al Quran banyak keutamaannya, disamping besar pula pahalanya. Sangat rugi bila kita meninggalkan aktivitas berpahala tersebut karena kesibukan duniawi yang melenakan. Waktu yang diberikan Allah kepada kita sangat banyak, asal kita punya kemauan untuk memberikan sedikit waktu untuk membaca Al Quran tentu kita akan sanggup melakukannya. Nikmati indahnya firman Allah dengan membaca Al Quran secara rutin. Kekeringan dan kehausan hati akan terobati dengannya. Meski demikian, ada hal yang tak boleh kita lakukan saat membaca Al Quran. Benar, membaca Al Quran ada kaidah dan aturannya, yang dinamakan dengan kaidah tajwid. Para quro' bersepakat bahwa membaca Al Quran dengan tajwid, hukumnya adalah wajib. Terus bagaimana caranya belajar tajwid itu. Nah, buku ini salah satu solusinya.

Buku ini hadir dalam rangka membantu setiap pembaca Al Quran memenuhi kewajiban tersebut. Memang benar, ilmu tajwid bisa didapatkan dengan banyak jalan belajar. Karenanya, buku ini hanya salah satu metode saja yang digunakan untuk mempelajarinya. Buku ini menyuguhkan metode yang memudahkan untuk mempraktekkan kaidah tajwid. Karenanya buku ini dilengkapi dengan Juz Amma, demi memperkaya kemampuan praktek dari teori tajwid yang ditampilkan pada lembaran-Iembaran awal. Kekuatan buku panduan membaca Al Quran ini adalah pada penyajian kaidah tajwid dalam bentuk berwarna. Satu kaidah dibedakan dengan kaidah yang lain dengan warna yang berbeda. Sehingga ketika kita membaca Juz Amma yang ada di bagian belakang buku ini, kita relatif lebih mudah mcmbacanya dengan tajwid yang benar karena adanya petunjuk warna tersebut.

Kelebihan lain yang ditambahkan pada buku ini adalah penulisan ayat-ayatnya menggunakan Mushaf Utsmani sekaligus dilengkapi dengan terjemahan dan catatan kaki. Bagi kita yang ingin mendengar dan melihat contoh penggunaan kaidah tajwid, ada VCD murottal anak edisi tajwid-isi 2 CD plus buku petunjuk- yang dipandu oleh Syeikh Muhammad Siddiq Munsyawi. Belajar tajwid, jadi lebih mudah!(dari majalah el-fata volume 7 no 11)

Tidak ada komentar: